Entri Populer

Senin, 17 Oktober 2011

PTS BAB 5


BAB V
PENUTUP

A. Simpulan
Setelah dilakukan analisis diskriptif-komparatif dilanjutkan refleksi terhadap data yang terkumpul, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini, sebagai berikut:
1.   Hipotesis 1 menyebutkan : Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.
Hasil Tindakan 1 diperoleh: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012 dari kondisi awal minatnya rendah meningkat pada kondisi akhir minatnya tinggi.
Maka baik secara teoritik maupun empirik dapat disimpulkan: Melalui pembinaan akademik dapat meningkatkan minat menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.
2.   Hipotesis 2 menyebutkan: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.
Hasil tindakan 2 diperoleh: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012 dari kondisi awal kemampuannya meningkat pada kondisi akhir:  nilai terendah meningkat dari 40 menjadi 52, nilai tertinggi meningkat dari 70 menjadi 83, nilai rerata meningkat dari 64 menjadi 72.
Maka baik secara teoritik maupun empirik dapat disimpulkan: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.
3.   Hipotesis 3 menyebutkan: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus bagi guruSMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.
Hasil tindakan 3 diperoleh: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012 dari kondisi awal minatnya rendah pada kondisi akhir minatnya tinggi, kemampuannya meningkat dari kondisi awal ke kondisi akhir:  Nilai terendah meningkat dari 40 menjadi 52, Nilai tertinggi meningkat dari 70 menjadi 83, Nilai rerata meningkat dari 64 menjadi 72.
Maka baik secara teoritik maupun empirik dapat disimpulkan: Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012.


B.  Implikasi
Dari simpulan di atas, rumusan implikasi dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah sebagai berikut:
Melalui pembinaan akademik  dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus bagi guru SMA Al-Muayyad Surakarta pada semester 1 tahun 2011/2012, maka saran bagi peneliti agar melakukan pembinaan akademik untuk meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus bagi guru.

C. Saran
Supaya penelitian ini mempunyai nilai manfaat, maka berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada:
1.   Guru
Dengan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru melalui pembinaan akademik:
a.     Dapat meningkatkan minat menyusun silabus.
b.   Dapat meningkatkan kemampuan menyusun silabus.
c.     Dapat meningkatkan minat dan kemampuan menyusun silabus.
2. Teman Sejawat
Dengan penelitian ini, peneliti menyarankan supaya teman sejawat melakukan pembinaan akademik dalam upaya meningkatkan minat menyusun silabus bagi guru dan upaya meningkatkan kemampuan menyusun silabus bagi guru.
3. Sekolah
Dengan penelitian ini, peneliti menyarankan agar sekolah:
a. menjadikan pembinaan akademik sebagai sebuah model dalam upaya peningkatan minat dan kemampuan menyusun silabus.
b. menjadikan pembinaan akademik sebagai khasanah gagasan yang memperkaya kemungkinan-kemungkinan solusi pemecahan masalah peningkatan kwalitas berkaitan dengan administrasi guru baik dari segi minat maupun kemampuannya.
4.   Perpustakaan
Dengan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada perpustakaan menempatkan hasil penelitian ini sebagai bahan bacaan yang ada di perpustakaan guna menambah pengetahuan tentang pernan pembinaan akademik bagi upaya peningkatan minat dan kemampuan guru dalam menyusun silabus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar